Senin, 18 Mei 2009

Rujukan Lengkap Menguasai Fisika

WAHYUMEDIA ==Fisika terdiri dari berbagai materi, rumus, dan persoalan yang telah ditemukan oleh para pakar di bidang ini. Yakni mulai dari ditemukannya ilmu fisika ini sampai penemuan dan pengembangan terakhir. Tentu saja materinya cukup banyak dan membutuhkan pemetaan atau klasifikasi khusus untuk mengatur topik masing-masing agar sistematis.Dalam praktiknya, pada setiap jenjang pendidikan di sekolah lanjutan tidak mungkin memuat setiap materi ilmu fisika dalam satu buku sekaligus. Materinya dipecah-pecah menjadi beberapa bagian, mulai dari yang termudah dahulu dan mendasar sesuai jenjangnya. Pada jenjang sekolah lanjutan atas, seperti Sekolah Menengah Atas (SMA), materi yang dipelajari juga berdasarkan klasifikasi yang telah disesuaikan berdasarkan aturan kurikulum. Terpecah-pecah berdasarkan semester, mulai dari kelas 1, 2, dan 3. Oleh sebab itu, ketika siswa akan menghadapi ujian Ebtanas atau Ujian Nasional (UN), siswa harus mengumpulkan beberapa buku yang terpisah tersebut mulai dari kelas pertama sampai akhir buku yang dipelajarinya. Dan, harus mengulangnya dalam memelajari materi-materi yang telah diajarkan di belakang. Tentu saja, hal ini sedikit merepotkan, terutama apabila ada sebagian dari buku-buku tersebut hilang atau rusak. Demi mengatasi hal-hal di atas dan mencari jalan kemudahan dari kesulitan yang sekiranya akan merepotkan sehingga menghambat proses belajar, diperlukannya sebuah buku kumpulan yang sistematis, yakni mulai dari kelas 1 sampai kelas 3. Bahkan, tidak hanya kumpulan materinya, tapi juga berikut kumpulan soal-soal dan latihan yang telah diujikan. Nah, untuk itu, WahyuMedi menerbitkan “Buku Pintar Fisika SMA” yang disusun oleh Drs. Joko Untoro. Buku ini menjadi solusi mudah dan menjadi rujukan yang tepat karena berisi kelengkapan materi fisika SMA mulai dari kelas 1 sampai kelas 3.Buku ini disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. Materinya ditujukan untuk siswa SMA kelas 1, 2, dan 3. Konsep buku ini lebih menitikberatkan pada proses menuntun belajar siswa dengan cara mudah, terperinci, dan lugas. Dengan demikian, siswa dapat belajar sendiri dari satu bab ke bab yang lain dengan mudah meskipun tanpa dibimbing guru.Selain bagi siswa, buku ini juga dapat digunakan untuk para pengajar sebagai buku pendamping dan penunjang dari buku pelajaran fisika yang sudah diajarkan di sekolah. Buku ini dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran fisika, dari tidak suka fisika menjadi suka, dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari bisa menjadi lebih pintar.Selamat belajar. Semoga sukses!

Kamis, 14 Mei 2009

Bermula dari Fisika itu Asyik

SEORANG guru menyuruh salah satu siswa ke depan kelas. Sampai di depan, siswa itu diminta berjalan santai kembali ke tempat duduknya. Ketika siswa berjalan, sang guru mendadak mendorong punggung siswa itu. Sempoyonganlah dia, hingga menabrak tembok. Semua penghuni kelas pun tertawa lepas, karena menganggap adegan itu lucu.
Guru itu, Handoyo namanya, adalah guru fisika Yohanes Surya di SMA. Dia sesungguhnya sedang menerangkan tentang percepatan, bahwa siswa itu terdesak karena ada dorongan dari belakang yang disebut percepatan.
Handoyo memang bukan orang pertama yang mengenalkan Surya pada fisika. Tapi Handoyolah yang mampu menebarkan pesona fisika pada diri lelaki kelahiran Jakarta, 6 November 1963 itu. "Kepintaran Pak Handoyo dalam menerangkan substansi fisika itu menjadi kekuatan yang mengubah gambaran saya bahwa fisika pada dasarnya asyik. Pak Handoyo berhasil menerangkan fisika dengan pendekatan yang sederhana, yaitu mengaitkannya dengan hal-hal yang ada di sekelilingnya," beber Yohones Surya dalam bukunya, Fisika untuk Semua (2004).
Salah seorang teman sekolahnya pun selalu memanggil dia sebagai bapak ilmu pengetahuan. "Saat itu saya merasa diledek. Tapi mungkin ledekan itu juga yang justru jadi kekuatan," kata lelaki murah sapa ini.
Keinginannya untuk belajar pun kian besar. Setamat SMA, dia memantapkan pilihan pada Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia dan lulus 1986. Selanjutnya ia menempuh program master dan doktor di College of William and Mary, Virginia Amerika Serikat.
Program masternya diselesaikan tahun 1990 dan program doktor 1994 dengan indeks prestasi kumulatif 4,00 (dari maksimum 4,00). Semua dengan predikat best graduate cum laude. Selama menyelesaikan program master dan doktor, ia pernah bekerja sebagai teaching assistant di College of William and Mary (1988) dan sebagai research assistant di College of William and Mary (1989-1994).
Tahun 1992, di tengah-tengah kesuntukan kuliah, Surya tergerak oleh sebuah pengumuman bahwa William & Marry College menjadi tuan rumah International Physics Olympiads di Halics, 1993. Bersama temannya, Agus Ananda, dan FMIPA UI, dia menggembleng lima siswa untuk mengikuti lomba itu. Hasilnya, Indonesia mendapat satu perunggu dan satu honourable mention.
Keterlibatan dan andilnya untuk hal yang satu itu kian besar. Apalagi sejak 1933 dia duduk sebagai anggota pengurus Olimpiade Fisika Internasional dan Ketua Tim Olimpiade Fisika Indonesia, hingga kini. Dia juga menjadi pengajar dan peneliti pada program pascasarjana UI untuk bidang fisika nuklir (1995-1998).
Dia pun makin mantap di bidang ini dengan dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Bidang Fisika, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Maret tahun ini.
Pengalaman Unik
Bertahun-tahun menggembleng para jenius, President of Asian Phisics Olimpiad ini juga memiliki pengalaman unik. "Ada anak didik saya yang nyeleneh dan kadang membuat saya tertawa geli. Kalau diajar di dalam kelas, dia membawa binatang. Kadang kodok, ayam, atau burung. Bahkan ia sempat menggiring beberapa bebek ke kelas. Jadinya ramai, wek-wek wek-wek. Tapi saya banyak belajar dari mereka," kenang suami Christina Surya ini.
Dari tahun ke tahun, upaya Yohanes Surya menggembleng anak-anak untuk merebut keping-keping medali di ajang adu pintar fisika tingkat dunia pun makin banyak menuai prestasi. Dengan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang dia pimpin, dia menggandeng Depdiknas untuk terus menjaring potensi fisikawan muda erta menggemblengnya.
Hasilnya, tahun 2002 di Olimpiade Fisika Internasional, siswa asuhannya berhasil meraih 3 emas. Tahun 2003, berhasil meraih 6 emas pada Olimpiade Fisika Asia di Thailand sekaligus merebut gelar juara umum.
"Saya ingin Indonesia terkenal, terhormat di mata internasional," katanya.
Karena itu pula, sekalipun sarat prestasi fisika, "Saya lebih suka disebut sebagai mediator, atau lebih tepat fasilitator untuk anak-anak meraih hadiah Nobel atau medali emas," katanya.
Di luar itu, Yohanes Surya merupakan penulis produktif bidang fisika. Buku-buku yang sudah dan akan dipublikasikan meliputi IPA Dibuat Mudah untuk siswa SD (8 edisi), Fisika Itu Mudah untuk siswa SLTP (9 edisi), dan Fisika Itu Mudah untuk siswa SMA (9 edisi).
Ia juga menulis komik fisika Archie dan Meidy serta percobaan fisika untuk anak-anak dalam bentuk kartun dengan judul Fisika Itu Asyik.
Sumber : Suara Merdeka (1 Agustus 2004)

Ini Dia Rahasia Pintar Matematika

INILAH.COM, Jakarta – Bagaimana agar pintar dalam pelajaran matematika? Sebuah penelitian mendapati mental aritmetika menjadi lebih mudah diterima oleh orang jika makan, makanan tertentu dalam jumlah besar.
Penelitian mendapati senyawa yang terdapat di coklat dan disebut flavanols sangat membantu dalam melakukan tugas perhitungan matematika. Zat itu juga bisa mengurangi perasaan lelah, serta kekeringaan mental. Demikian penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Psychological Society Inggris.
Prof David Kennedy dari Northumbria University yang merupakan penulis kedua laporan itu mengatakan, coklat sangat membantu tugas yang berhubungan dengan mental.
Penemuan itu menunjukkan pelajar yang makan coklat, saat menghadapi ujian bisa mendapat nilai tinggi.
Flavanols merupakan bagian senyawa kimia yang disebut polyphenols dan bekerja meningkatkan aliran darah ke otak.
Penelitian itu dilakukan pada 30 sukarelawan yang harus mengerjakan tugas menghitung mundur 3 angka antara 800 hingga 999 yang dihasilkan oleh komputer.
Penemuan itu menunjukkan relawan bisa menghitung lebih cepat dan lebih tepat setelah minum coklat.
Namun hasilnya berbeda saat mengerjakan tugas hitung mundur 7 angka karena lebih rumit dan membutuhkan bagian otak yang berbeda.
Penelitian itu juga mendapati rasa lelah melakukan perhitungan lebih kecil saat diberi minuman coklat, meskipun melakukan secara berulang kali selama berjam-jam.[ito]

Selasa, 12 Mei 2009

Pintar Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang (lebih khusus lagi bagi para pelajar), Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti. Entah kenapa. Mungkin saja kebanyakan dari kita enggan untuk keluar dari zona nyaman. Ya, kita sudah terlalu nyaman dengan kondisi lingkungan yang ada disekitar kita. Termasuk dalam hal ini adalah bahasanya.
Aku ingat ketika dulu masih SMA, begitu banyak teman-temanku yang memilih untuk takut lebih dulu mempelajari bahasa Inggris dibandingkan mengatasi ketakutan itu. Mereka merasa bahasa Inggris adalah monster yang menakutkan. Karena itu, memilih diam adalah jalan yang terbaik menurut mereka.
Alasan lain yang membuat bahasa Inggris menjadi momok adalah cara mengajar bahasa Inggris di sekolah yang kurang efektif. Kebanyakan biasanya para guru-guru bahasa Inggris mengajarkan tenses dan grammar lebih dulu kepada para siswa, sebelum siswa itu menyukai bahasa Inggris dulu.
Sebenarnya ini bukan kesalahan guru 100% deh. Soalnya kan guru hanya menjalankan kurikulum yang katanya menjadi panduan kita jika ingin sukses di masa depan. Karena itu, kita sebagai siswalah yang harus lebih kreatif agar suasana belajar Bahasa Inggris ini bisa lebih kondusif bagi kita. Bagaimana caranya ?
Buang Jauh-Jauh Tenses dan Grammar
Agak ironis memang. Tapi itulah yang harus kamu lakukan pertama. Ciptakan dulu rasa suka pada Bahasa Inggris. Buatlah cara belajar bahasa Inggris kita seperti saat kita belajar bahasa Indonesia sewaktu kita kecil dulu.
Apakah waktu kecil kita memikirkan tata bahasa ? Misalnya kalau mau minta susu, masa’ kita ngucapin kayak gini “Ibu, bolehkah saya meminta susu untuk saya minum ? Saya sedang haus” Hahaha lucu kan kedengarannya.
Nah, sama aja dengan mempelajari bahasa Inggris. Tata bahasa yang baik itu emang perlu, tapi kalau kita belajar bahasa Inggris langsung dengan tata bahasa yang teratur dan baik, akan sama kedengarannya dengan anak kecil yang meminta susu tadi.
Jadi pokoknya kita asal ngomong aja. Tapi ga asal-asal banget. Yang penting orang ngerti apa yang kita sampaikan itu udah cukup kok. Di negara asalnya pun, banyak orang-orang yang berbicara tanpa grammar (tata bahasa) yang bener kok. Jadi ga perlu takut apalagi minder dengan nilai tata bahasa kamu yang jelek. Pede aja lagi.
Banyakin Kosa Kata dengan Kartu-Kartu
Nah, kalau ga musingin tenses dan grammar, apa yang sebaiknya kita pelajari dulu ?
Kosa kata (vocabulary). Ini yang paling penting. Karena bagaimanapun pintarnya kita tenses dan grammar, kalau kosa kata kita kurang, ya tetep ga akan bisa ngomong juga. Sebaliknya kalau kosa kata bahasa Inggris kita banyak, walaupun tata bahasa kita ancur, kita tetep bisa ngomong dan orang yang kita ajak ngomong itu akan ngerti.
Tantangannya sekarang adalah, bagaimana cara kita menghapal kata-kata bahasa Inggris yang jumlahnya jutaan atau milyaran itu ya ? Oh ya, asal kamu tahu, sebenarnya dalam 80% pembicaraan menggunakan bahasa Inggris, kita hanya menggunakan lebih kurang 1200 kata aja. Itu kata-kata yang umum dipakai.
Jadi kalau kita bisa menghapalkan 1200 kata itu, Insya Allah kita akan bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris. Percaya deh. Nah gimana menyiasati agar kita semakin mudah menghapalnya ? Ini dia tipsnya, menggunakan kartu-kartu.
Pertama potonglah kertas (boleh HVS, kuarto, atau karton) seukuran KTP atau kartu nama. Nah tuliskanlah dibagian depan itu kata bahasa inggris yang belum bisa kamu hapal. Nah dibawah kata itu tuliskan juga contoh katanya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.
Kemudian di belakang kartu itu, tulislah artinya dalam bahasa Indonesia (atau bahasa jawa juga bisa, kalau kamu lebih fasih bahasa jawa dibandingkan bahasa Indonesia ). Trus dibawahnya tulis juga arti dari kalimat bahasa Inggris yang kamu tulis di depan kartu itu.
Susah nulis kalimatnya ? Gampang kok, cari aja di kamus. Biasanya kamus yang bagus juga langsung menyebutkan penggunaan kata tersebut dalam contoh kalimat. Mungkin kamus itu agak sedikit mahal dibandingkan kamus yang tulisannya “100 Milyar kata Bahasa Inggris - Lengkap !”, tapi investasi kamu ga akan percuma kok. Lebih baik beli 2 kamus sekaligus. Inggris - Indonesia dan Indonesia - Inggris.
Udah jadi ? Cukup 5 kartu aja kok perhari. Ga usah banyak-banyak dulu. Kalau kamu bisa ngapal 5 kata aja perhari, trus sebulan kamu bisa hapal 150 kata kan ? Nah dalam 8 bulan kamu udah bisa menghapal 1200 kata. Mudah kan ?
Memang membuat kartu-kartu ini sangat mudah, tapi konsistensi adalah hal yang paling sulit. Karena itu kamu harus menekankan di diri kamu kalau kamu ingin sungguh-sungguh belajar Bahasa Inggris. Insya Allah langkah kamu akan dimudahkan kok.
Banyakin Baca Blog Berbahasa Inggris
Karena saya blogger dan pembaca blog ini juga rata-rata adalah blogger, maka saya menganjurkan agar kalian banyak membaca blog-blog berbahasa inggris. Dulu ketika awal saya membuat blog ini, waktu saya banyak tersita untuk membaca sebuah blog dari Australia yang dikelola oleh Darren Rowse dengan Pro Blogger.net nya.
Awalnya sih sempat bingung juga karena semua artikelnya menggunakan bahasa Inggris (ya iyalah, masa’ bahasa Jawa ? hehehe). Tapi aku coba aja paksa membacanya. Eh, ternyata aku bisa ngerti kok. Walaupun ada beberapa kata yang ga aku ngerti artinya. Tapi inti dari artikel itu bisa aku ngerti dengan baik.
Nah, lama-lama kata yang sebelumnya ga kutahu tadi jadi begitu familiar denganku, dan langsung bisa ngapal di luar kepala, beserta penggunaan katanya dalam kalimat. Jadi, yang terpenting adalah kamu bisa mengerti maksud dari artikel itu. Bukan ngerti kata per kata.
Biasanya bahasa blog itu lebih mudah dimengerti dibandingkan bila kita membaca artikel bahasa Inggris dalam sebuah majalah, buku ataupun koran. Karena dalam majalah, buku ataupun koran itu, menggunakan bahasa Inggris yang kaku. Ga seperti blog yang menggunakan cara penyampaian seperti orang berbicara.
Nih aku kasih daftar blog yang bagus kamu baca untuk ningkatin kemampuan kamu berbahasa Inggris :
ProBlogger
Daily Blog Tips
Daily Writing Tips
John Chow
Shoe Money
Copy Blogger
Ya, semua blog itu adaah tentang blog. Jadi kalian sekaligus bisa belajar berbagai hal tentang blog. Sekali mendayung dua tiga pulau eh dua tiga blog terlampaui kan ?
Jadi belajar bahasa Inggris ga sulit lagi kan ? Oh ya, kalau kalian punya saran dan tips tamabahan bisa diisi di komentar.

Mengatasi Grogi saat Bicara didepan Publik

Seorang pecinta tulisan saya di sebuah rubrik koran lokal melontarkanpertanyaan bagaimana mengatasi grogi pada saat bicara di depan umum(publik)? Meski ia sudah mempersiapkannya sebaik mungkin tetap saja grogi.Masalah grogi adalah masalah yang dialami oleh siapa saja yang sedangbelajar bicara di depan publik (selanjutnya saya sebut bicara). Keterampilanini adalah keterampilan proses, sebuah keterampilan yang tidak datangseketika. Artinya, bila ingin mengusainya diperlukan banyak berlatih danberlatih.Untuk mengupas masalah grogi dan cara mengatasinya saya akan menggunakandua pendekatan. Pendekatan pertama saya menggunakan pendekatan neurologisyakni bagaimana pikiran kita mencerna "keberadaan publik" (audience); danpendekatan kedua adalah pendekatan praktis yakni bagaimana kiat-kiat praktismenghadapi grogi. Setidaknya, dua pendekatan itu sudah saya praktikkan dalam hidup saya. Sayadulu yang pemalu luar biasa (bayangkan dulu saya tidak berani bilang "Kiri"pada saat naik bus/angkutan umum. Takut/malu kalau banyak orang yang nengokke arah saya). Kini saya sudah terbiasa bicara di depan publik, bahkanmenjadi pembicara publik dan motivator yang dibayar. Baik, selanjutnya saya jelaskan pendekatan pertama, kenapa secara neurologis(syaraf otak) seseorang bisa menjadi grogi. Seseorang menjadi grogi ataubahkan sebaliknya menjadi senang bila di depan pulik itu sangat tergantungbagaimana syaraf otak merespon atau menanggapi sesuatu yang berada di luar,yaitu --dalam hal ini-- audience (publik).Perilaku (grogi, takut, senang dan lain-lain) merupakan hasil dari responpikiran kita. Kalau kita merespon/menanggapi sesuatu di luar adalah sesuatuyang menakutkan, maka pikiran (syaraf) segera mengolahnya menjadi sebuahketakutan. Sebaliknya, kalau kita meresponnya sesuatu yang menyenangkan,maka semua sel-sel dan jutaan syaraf segera mengolahnya menjadi hal yangmenyenangkan. Lebih kongkritnya begini. Kalau Anda membayangkan jeruk nipis (sesuatu yangberada di luar Anda) terasa kecut, maka syaraf otak segera membayangkannyarasa kecut itu. Bahkan dengan hanya membayangkan saja air liur bisa keluarsebagai respon terhadapnya. Sebaliknya, kalau Anda membayang buah anggur yang segar, baru keluar darikulkas, syaraf otak segera membayangkannya buah manis yang menyegarkan.Begitulah cara pikiran kita bekerja, atau meresponnya. Bila Andamenanggapinya dengan negatif maka pikiran bekerja dengan cara negatif,milyaran sel syaraf bekerja untuk memperkuat respon negatif Anda. Bila Andameresponnya dengan cara positif, maka seluruh jaringan syaraf bekerja sekuattenaga untuk memperkuat respon positif Anda.Audience (publik) bukanlah buah jeruk nispis yang kecut atau buah angguryang manis menyegarkan. Audience adalah sesutau yang netral sifatnya."Manis" dan "kecut"-nya, arau "menakutkan" (yang membuat Anda grogi) atau"menyenangkan" sangat tergantung bagaimana Anda meresponnya. Ketika Anda meresponnya sebagai seuatu yang "menakutkan" syaraf otak segerabekerja dengan cara yang negatif. Hasilnya mejadi negatif. Syaraf otak segera bekerja untuk menemukan sejumlah alasan negatif untukmeyakinkan bahwa audience itu "menakutkan". Alasan-alasan yang ditemukan oleh pikiran negatif berupa: 1) audienceterlalu banyak dan banyak orang yang sudah pintar bicara, maka saya kurangpede; 2) audience akan meneriaki "huuuuuuu..?" bila saya salah; 3) audienceakan mempergunjingkan saya bila saya salah;4) saya akan malu bila apa yang saya sampaikan tidak menarik; 5) saya akanmalu bila saya salah dalam bicara nanti dan; 6) masih banyak alasan negatifyang mengantarkan Anda menjadi semakin tidak percaya diri atau grogi.Hasilnya, keringat dingin keluar, gemetar, bicara tidak lancar dansalah-salah terus selama bicara. Pada saat seperti itu, pikiran sibukmemikirkan audience yang "menakutkan" ketimbang memimikirkan materi yang sedang di sampaikan. Akan menjadi berbeda hasilnya bila Anda meresponnya secara positif. Pikran Anda akan segera mencarikan sejumlah alasan positif yang menguatkanAnda tampil lebih percaya diri. Anda akan tampil lebih percaya diri bila memandang audience sebagai: 1) sekelompok manusia yang sedang memberikan kesempatan baik pada Anda untukbicara; 2) mereka tidak akan menghukum bila Anda keliru;3) keliru dalam berlatih bicara adalah hal yang wajar yang dialami olehsetiap orang; 4) mereka juga belum tentu memiliki keberanian untuk bicara;5) kalau pun ia diberi kesempatan bicara ia pasti melakukan kesalahanseperti Anda; 6) dalam sejarah belum ada audience yang "mencemooh" pembicarabila dalam menyampaikannya secara santun dan; 7) ini adalah kesempatanterbaik untuk berlatih bicara. Dengan kata lain, audiene bukan menjadi beban pikiran selama Anda bicara.Bila perlu Anda cuek-bebek (tapi sopan) selama bicara. Ketika Anda telah mengusai audience dengan cara respon positif sepertitersebut di atas, pikiran Anda tinggal fokus pada materi. Perlu dicatat bahwa mengapa seorang pembicara grogi karena pikirannya selamabicara sibuk memikirkan audiencenya yang dianggap "menakutkan". Menakutkanatau tidaknya sangat tergantung bagaimana pikiran kita "menafsirkannya".Bila menafsirkannya sebagai hal yang tidak menakutkan, maka pikiran akanlancar, fokus pada topik, bicara pun lancar tanpa beban grogi. Semua yang saya jelaskan di atas adalah mengunakan pendekatan neurologis.Selanjutnya saya menggunakan pendekatan praktis dalam mengatasi grogi.Sebelum saya memberikan tips bagaimana cara mengatsi grogi saat pidato perlusaya ingatkan kembali bahwa keterampilan bicara(pidato) adalah keterampilan proses. Tidak ada orang yang langsung menjadiahli bicara. Semuanya diawali dari, malu, gemetar dengan keringat dingin,grogi dan sejuta rasa lainnya. Jangankan bagi yang belum pernah pengalaman,seorang yang sudah pengalaman pun kadang- kadang masih dihinggapi rasakurang pede dan grogi. Jadi kalau menuggu sampai tidak ada rasa grogi,dibutuhkan waktu dan jam terbang yang lama. Butuh proses.Cara-cara berikut ini adalah cara praktis yang saya gunakan bagaimanamengatasi grogi.Pertama, tingkatkan rasa percaya diri (pede). Kalau kita pede, keberanianmeningkat, tetapi kalau belum apa-apa sudah takut dulu, rasa pede mengecil.Akibatnya sudah grogi dulu sebelum bicara. Untuk bisa meningkatkan rasapede, coba sebelum Anda bicara, Anda membayang seorang tokoh pintar bicarayang menjadi idola Anda. Setelah membayangkan secara jelas, anggap saja dia merasuk dalam jiwa Andayang membantu Anda pada saat bicara. Anggap saja dia yang bicara, tapi bukanAnda.Kedua, berani bicara kapan dan dimana saja bila ada kesempatan tampil didepan umum. Jangan takut salah dan takut ditertawakan, bicara dan bicaralah.Kalau Anda tidak pernah mencobanya, maka tidak pernah punya pengalaman.Jangan berpikir, benar-salah, bagus-tidak, mutu-tidak, selama bicara.Pokoknya, Anda sedang uji nyali, berani atau tidak. Ketika Anda beranimencobanya, berarti nyali Anda hebat. Semakin sering Anda lakukan, semakin kuat nyalinya dan tidak takut lagi.Pokoknya Anda harus berani malu.Keitga, mulailah dari kelompok kecil. Berlatihlah bicara padakelompok-kelompok kecil dulu seperti karang taruna, kelompok belajar,pertemuan RT/RW. Bicaralah sebisanya dan jangan buang kesempatan. Yangseperti ini sudah saya lakukan, saya mulai dari kelompok belajar, panitiaseminar, dan acara-acara pengajian. Lama- ama saya biasa. Ingat Anda bisakarena biasa. Keempat, tulis dulu sebagai persiapan. Sebelum bicara, alangkah baiknyaditulis dulu topik dan urutan penyampaiannya. Sebab, tanpa ditulis dulu,biasanya lupa saat bicara dan menjadikan materinya tidak runtut. Ada duacara dalam menulis, menulis lengkap kenudian tinggal membaca atau tulispokok-pokonya saja. Bila Anda menulis lengkap akan sangat membantu Andabicara, tetapi keburukannya membosankan. Apalagi intonasi bacanya jelek.Yang baik adalah pokok- pokok saja, kemudian Anda menguraiakannya saatbicara, tetapi keburukannya, Anda bisa lupa tentang datailnya.Kelima, akan lebih baik kalau memiliki kebiasaan menulis. Menulis apa saja,cerita, artikel, surat atau catatan harian. Catatan harian akan sangatmembantu. Kenapa menulis? Karena dengan menulis adalah cara efektif untukmembuat sebuah "bangunan logika", sebuah bangunan yang masuk akal. Bila Andaterbiasa menuliskan topik-topik yang masuk akal, maka akan membantu padasaat bicara. Tinggal memanggil ulang saja.Keenam, perbanyak membaca. Orang bicara atau menulis, tidak lepas darikegiatan membaca. Dengan banyak membaca menjadi banyak pengetetahuan yangdapat dijadikan acuan pada saat bicara atau menulis. Kebuntuan dalam bicaraterjadi karena tidak saja grogi tetepi juga karena terbatasnya acuan(informasi) yang dimilikinya.Ketujuh, janganlah menjadi pendiam saat ada diskusi atau debat. Bicaralah, jangan pikirkan Anda menang atau kalah dalam berdebat, tetapijadikannlah media debat menjadi media pembelajaran dalam mengasahketerampilan bicara. Juga, biasakanlah berdsiskusi, jangan hanya menjadipendengar yang baik (diam saja) tapi Anda harus menjadi pembicara yang baik.Kedelapan, rajin mengevaluasi diri sehabis bicara. Karena berbicaramerupakan keterampilan proses, maka sebaiknya rajin mengevaluasi diri setiapsaat sehabis bicara. Seringkali (pengalaman saya) saya merasa tidak puasdengan hasil akhir bicara. Selalu ada saja kekurangannya, banyak topik yanglupa tidak tersampaikan. Kekurangan ini harus menjadi catatan untuk tampillebih baik pada kesempatan mendatang. Kesembilan, komitmen untuk terus berlatih. Tiada sukses tanpa latihanterus menerus. Tiada juara tanpa banyak latihan. Tiada bicara tanpa grogibila hanya tampil (berlatih) satu atau dua kali saja. Bicaralah saat adakesempatan bicara, karena keterampilan berbicara hanya dapat diperolehdengan "berbicara" bukan dengan cara "belajar tentang". Satu ons praktikbicara lebih baik dari pada satu ton teori berbicara. Selamat mencoba.dari Waidi

Megantisipasi Soal Ujian

Berikut ini adalah beberapa tips agar siap dalam menghadapi ujian. Artikel ini diambil dari CD MediaUM-UGM mengadaptasi beberapa informasi dari On Becoming a Master Student oleh David B. Ellis dan dari How to Study in College oleh Walter Pauk.
Perhatikan setiap pedoman belajar yang dibagikan oleh dosen dalam kelas sebelum ujian, atau bahkan pada awal kuliah. Misalnya: poin utama, bab-bab tertentu atau bagian-bagian suatu bab, handouts, dll.
Tanyalah dosenmu apa yang perlu diantisipasi dalam ujian bila dia tidak memberikan informasi sedikitpun.
Perhatikan dengan lebih seksama - sebelum ujian - poin-poin yang yang diangkat oleh dosen dalam kuliah.
Buatlah daftar pertanyaan ujian yang akan kamu buat bila kamulah yang membuat soalnya, kemudian cobalah untuk menjawabnya.
Pelajari ujian-ujian sebelumnya yang telah dinilai oleh dosen.
Berdiskusilah dengan teman kuliahmu untuk menebak kira-kira soal apa yang akan keluar dalam ujian.
Perhatikan pada petunjuk yang menunjukkan bahwa dosen mungkin menguji pada suatu ide tertentu, seperti ketika dosen:
berbicara tentang sesuatu lebih dari satu kali.
menulis material pada papan tulis.
memberikan waktu untuk mencatat.
bertanya-tanya.
berkata, “Ini akan muncul dalam ujian!”

Kumpulan Rumus Fisika II

Ini adalah bagian kedua dari Kumpulan Rumus Fisika Lengkap yang terdiri dari 3 bagian. Untuk bagian pertama dapat anda download di http://www.banksoal.sebarin.com/…/..lengkap.htm
Untuk Bagian kedua ini terdiri dari Rumus-Rumus:
Gelombang Bunyi,
Suhu dan Kalor,
Listrik Statis,
Listrik Dinamis,
Medan Magnet,
Imbas Elektromagnetik,
Optika Geometri,
Alat Optik, dan
Arus Bolak-balik,
Kumpulan Rumus Fisika Lengkap II dapat di download di:http://www.sebarin.com/download/…/kumpulan-rumus-fisika-ii.htm
Untuk Kumpulan Rumus Fisika Lengkap bagian III dapat di download dihttp://www.banksoal.sebarin.com/…/..lengkapiii.htm

Kumpulan Rumus Fisika I

Fisika memiliki banyak sekali Rumus-rumus yang tentusaja sulit untuk diingat semuanya. Ketika kita mau belajar pun akan sangat sulit jika harus membuka semua buku dari kelas X sampai XII.
Cara yang paling mudah agar kita dapat menemukan rumus yang kita perlukan ketika belajar adalah dengan meringkas atau merangkum semua rumus tersebut, namun ini juga bukan hal yang mudah. Makanya kami berikan Kumpulan Lengkap rumus Fisika ini untuk membantu memudahkan dalam belajar Fisika.
Rumus-Rumus Fisika ini tidak ditulis sendiri oleh kami, tetapi kami kumpulkan dari berbagai sumber.
Kumpulan Rumus Fisika ini kami bagi menjadi 3 bagian.
Untuk Bagian Pertama ini terdiri dari Rumus-Rumus:
Besaran dan Satuan,
Gerak lurus,
Hukum Baru Newton,
Memadu Gerak,
Gerak Melingkar,
Gravitasi,
Usaha dan Energi,
Momentum,
Elastisitas, dan
Fluida
Kumpulan Rumus Fisika Lengkap I dapat di download di:http://www.sebarin.com/download/…/kumpulan-rumus-fisika-i.htm
Untuk Kumpulan Rumus Fisika Lengkap bagian II dapat di download dihttp://www.banksoal.sebarin.com/…/..lengkap.htm

Kumpulan Rumus Fisika III

Ini adalah bagian ketiga dari Kumpulan Rumus Fisika Lengkap yang terdiri dari 3 bagian.Untuk bagian pertama dapat anda download di http://www.banksoal.sebarin.com/kumpulan-rumus-fisika-lengkap-i.htmDan bagian kedua dapat didownload di http://www.banksoal.sebarin.com/kumpulan-rumus-fisika-lengkap-ii.htm
Untuk Bagian ketiga ini terdiri dari Rumus-Rumus:
Perkembangan Teori Atom,
Radioaktif,
Kesetimbangan Benda Tegar,
Titik Berat benda,
Teori kinetik gas,
Hukum Termodinamika,
Gelombang Elektromagnet,
Optika Fisis,
Relativitas, dan
Dualisme gelombang Partikel
Kumpulan Rumus Fisika Lengkap III dapat di download di:http://www.sebarin.com/download/banksoal/rumus-fisika/kumpulan-rumus-fisika-iii.htm

Tips Pengaturan Jadwal Belajar Efektif

Pengaturan Waktu adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain.
Pedoman:~ Perhatikan waktumu.~ Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu.~ Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.~ Ketahuilah kapan kamu produktif.
Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu dapat membantu untuk:
Pertama, Membuat daftar “Kerjaan”. Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya.
Kedua, Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok.
Ketiga, Merencanakan jadwal yang lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman.
Rencana Jadwal Belajar Efektif:• Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.• Prioritaskan tugas-tugas.• Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.• Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.• Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.• Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.• Rencanakan juga “deadline”.• Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.• Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.• Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Diambil Dari CD Media UM-UGM diadaptasi dari: Landsberger, Joe. Managing Time

Panduan Sukses menghadapi ujian

Panduan singkat menghadapi ujian ini sekiranya dapat membantu Anda (siswa SMA) ketika akan menghadapi UAN agar dapat mengurangi stress dan panik yang berlebihan. Ketika seorang siswa berjuang mempersiapkan ujian seringkali mereka tidak paham benar bagaimana mereka:
- seharusnya mempersiapkan diri- mengatur waktu- menggunakan strategi belajar
Sebagian besar mereka belajar dengan apa adanya, seperti biasa, padahal ada banyak hal yang harus dipersiapkan, diatur dan diperiksa kembali agar suskes dalam menghadapi ujian. Berikut panduan sukses bagi Anda dalam menghadapi ujian.
1. Mempersiapkan diri semaksimal mungkin
Ketika Anda menghadapi UAN mungkin akan terjadi banyak kejutan-kejutan jika Anda tidak mempersiapkan diri secara maksimal, baik itu soal yang belum pernah Anda kerjakan, Anda lupa rumusnya, atau Anda bisa mengerjakan tetapi tidak ada jawaban yang sesuai dan masih banyak kejutan-kejutan lainnya. Berikut beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian sebelum Anda menghadapi ujian:

- soal-soal semacam apa yang kiranya akan keluar dalam ujian- berapa lama (menit) Anda akan megerjakan untuk setiap soalnya- petunjuk-petunjuk apa yang ada sebelum pelaksanaan UAN,kisi-kisi atau Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
2. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin
Dalam pelaksanaan UAN 2008, semua siswa tidak boleh keluar sebelum tanda bel waktu ujian selesai. Peraturan tersebut tentu saja memiliki kelemahan dan kelebihannya. Siswa yang merasa sudah yakin bisa dan mampu mengerjakan dengan cepat, di kelas akan cenderung ramai dan terkadang malah mengganggu teman-teman yang lain. Namun, jika para siswa diperbolehkan keluar sebelum tanda bel waktu ujian selesai, maka hal ini akan mengganggu situasi kelas dan mempengaruhi kondisi psikologis siswa yang lain. Selain itu, jika ada kesalahan-kesalahan yang dilalakukan siswa, misalnya ketidaklengkapan identias dll, akan sulit dilacak, padahal siswa yang bersangkutan sudah keluar dan lembar jawab harus dikumpulkan ke Pokja.
Terlepas dari hal di atas, tidak ada salahnya jika Anda dapat memanfaatkan waktu yang tersedia, baik itu waktunya pas atau Anda memiliki kelebihan waktu. Ingat, tidak ada seorangpun yang dapat memanfaatkan waktu dengan sempurna, sehingga jangan khawatir bahwa Anda tidak dapat mengatur waktu.
Dalam perencanaan waktu sebaiknya:
- membuat catatan semua deadline- meluangkan waktu untuk refreshing dan relaksasi- hitung berapa lama waktu yang dapat Anda gunakan untuk belajar
Hal tersebut akan membantu Anda secara realistik, berapa total waktu yang Anda miliki untuk menghadapi setiap mata pelajaran.
3. Mengembangkan strategi belajar yang efektif
Berikut beberapa strategi belajar yang efektif:
- melihat garis besar keseluruhan materi- mencari keterkaitan antar topik atau materi- menghubungkan apa yang Anda pelajari dengan situasi nyata dalam hidup Anda- mengorganisir materi secara hirarkis dan terstruktur, jika perlu Anda buat rangkuman kecil materi- membuat alat bantu berupa gambar atau diagram yang membuat Anda mudah untuk mengingat dan mempelajari materi (mind map)- mencari persamaan dan perbedaan- mencari poin-poin penting dan mencoba membahasakan dengan bahasa Anda sendiri- mengkritisi dan mengevaluasi apa yang sudah Anda pelajari- mendiskusikan materi dengan teman-teman Anda
4. Mengecek perkembangan belajar Anda
5. Persiapan akhir
6. Mengatasi semua permasalahan teknis dan non-teknis
7. Konsentrasi dalam belajar dan ketika menghadapi ujian
8. Relaksasi
Semoga hal-hal tersebut dapat membantu Anda.
Tags: , , ,

Trik Belajar Efektif dalam Ujian

Bukan bermaksud untuk menggurui Anda, tapi saya akan mencoba untuk menuliskan hal-hal yang pernah saya lakukan agar dapat belajar secara efektif dan berhasil dalam menghadapi ujian.
Apakah saya selalu berhasil dalam ujian ? Tentu saja tidak, beberapa kali saya juga pernah gagal dalam menghadapi ujian. Tetapi hal itu tidak membuat saya untuk malas belajar, bahkan hal itu lebih dapat memacu saya untuk lebih tekun dan mempersiapkan strategi yang tepat. Ya, benar ada pepatah yang mengatakan bahwa kegagalan adalah awal dari keberhasilan.
Untuk dapat belajar secara efektif, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya:1. Persiapan2. Memilih strategi yang tepat3. Menjaga kesehatan dan rajin berolah raga
PersiapanKeberhasilan dalam menghadapi ujian tidak dapat terlepas dari persiapan yang Anda lakukan. Apakah persiapan jauh-jauh hari menjamin kerberhasilan ? Tentu saja tidak. Jika Anda hanya membaca dan latihan terus menerus tanpa mengerti maksudnya, maka persiapan yang Anda lakukan percuma, walaupun itu Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum ujian.
Lalu bagaimanakah persiapan yang efektif ?Pada prinsipnya persiapan yang efektif adalah persiapan jauh-jauh hari sebelum Anda akan ujian. Tentu saja hal ini dimulai ketika Anda menerima materi yang akan diujikan. Mulai dari penyusunan catatan yang efektif, latihan yang teratur dan kontinu, pemilihan waktu belajar dan mencoba untuk membuat pertanyaan dan dijawab sendiri.
Manajemen waktu juga bagian dari persiapan. Misalnya Anda akan menempuh ujian 1 bulan lagi, maka mulai Anda mengetahui jadwal ujian tersebut, maka dari saat itu juga Anda harus mencari informasi pada orang-orang yang berpengalaman, mulai berlatih soal-soal dan membuat rangkuman. Berikut secara lengkap bagaimana membuat manajemen waktu yang baik:
Minggu 1 : mencari infomasi yang berkaitan dengan ujian, prediksi-prediksi, soal-soal tahun sebelumnya (dapat dilakukan lebih awal)
Minggu 2 : mulai mengerjakan soal-saol latihan secara kontinu dan jangan bermalas-malasan
Minggu 3: mengerjakan soal-soal yang lebih berbobot dan mencoba membuat rangkuman rumus-rumus (eksak) dan membuat garis besar apa yang sudah Anda pelajari dengan bahasa Anda sendiri (non eksak).
Minggu 4: porsi untuk belajar sedikit dikurangi untuk meredakan stress dan ketegangan ketika menghadapi ujian, dan bukan berarti Anda harus santai.
Minggu 5: menempuh ujian
Waktu yang sebaiknya digunakan untuk belajar (tergantung selera masing2), namun saya anjurkan untuk belajar sore (4-5.30) atau malam (7-8.30). Dalam belajar Anda tidak harus berlama-lama dan jangan sungkan-sungkan untuk istirahat atau tidur jika Anda benar-benar kelelahan. Dan tak lupa pula untuk belajar pada waktu pagi hari, misalnya jam 4-5.30, karena pada jam-jam inilah sebenarnya Anda dapat belajar secara tenang dan dengan pikiran yang jernih.
Namun, hambatan terbesar ketika belajar pagi adalah malas bangun dan mencoba untuk menunda waktu, ….. nantilah 10 menit lagi, …………. 30 menit lagi dan seterusnya. Untuk mengatasi ini sebenarnya cukup mudah. Buatlah alarm pada jam Anda dan siapkan 1 gelas air putih sebelum Anda tidur dan ketika Anda mendengar alarm Anda berbunyi , maka Anda diharapkan untuk sesegera mungkin untuk minum air putih yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
Hal-hal tersebut harap Anda lakukan secara teratur dan kontinu, dan bukan berarti bahwa Anda harus mempersiapkannya setiap hari. Namun semuanya itu tergantung dari niat Anda sendiri.
Tags:

Tentang Do-Does

Pada pelajaran 23 ada tiga pertanyaan yang sering ditanyakan para pembelajar bahasa inggris sebagai berikut:
Bagaimana dan mengapa kok tiba-tiba muncul DO-DOES dalam kalimat negatif?
Mengapa DO-DOES tidak muncul dalam kalimat positif?
Mengapa dalam kalimat yang menggunakan subyek orang ke-3 tunggal (he-she) harus menggunakan tambahan S/ES dan harus hilang ketika DOES muncul dalam kalimat negatif?Dulu ketika saya menanyakan kepada guru smp saya, beliau mengatakan bahwa ini adalah peraturan dalam bahasa Inggris, dan memang sudah begitu dari sononya, dan pertanyaan MENGAPA tidak terjawab.Saya belum tahu apakah analisa saya ini benar, tapi coba kita lihat pendapat saya sebagai berikut :1. Sebenarnya dalam kalimat positifpun ada kata kerja bantu DO dan DOES, misal
I do go to the town
She does work in the restaurant
Shinta does play the piano well2. Dalam penggunaannya sehari-hari kata bantu ini tidak disebutkan dan tersembunyi, hanya sekali-sekali muncul untuk menyatakan penegasan.
I do love You ( saya sungguh mencintai kamu)
I do make it happen3. Do dan does muncul dalam kalimat negatif dan positif, tentunya tidak mungkin do dan does muncul begitu saja tanpa sebelumnya ada dalam kalimat positif.4. Dalam kalimat positif yang menggunakan subyek orang ke-3 (he/she), kata kerja selalu ditambahkan s/es karena adanya kata kerja bantu DOES yang tersembunyi.
Shinta does play piano well menjadi Shinta plays piano well
She does work in the restaurant menjadi She works in the restaurant5. Dalam kalimat positif yang menggunakan subyek orang pertama dan kedua / orang ketiga jamak tidak ada penambahan s/es karena unsur kata kerja bantu yang digunakan adalah DO, bukan DOES.Jadi hal ini menjawab pertanyaan pembelajar bahasa inggris tentang mengapa harus ada penambahan s/es pada kata kerja yang subyeknya orang ketiga tunggal (pada present tense), dan mengapa do dan does muncul dalam kalimat tanya dan kalimat negatif tetapi tidak terlihat di kalimat positif.Bagaimana menurut anda?

Belajar Bahasa Inggris

Kalau Anda menguasai jurusnya maka belajar bahasa Inggris itu bisa sangat cepat, tak perlu 1 tahun, cukup 6 bulan bisa jadi bahasa inggris Anda sudah mengalir lancar bagai air. Jurusnya pun actually so simple. You know that simple method mostly works. In other words cara yang complicated lebih banyak potensi gagalnya. Selagi kita belajar, campur-campur saja bahasa inggris dan bahasa Indonesia, namanya juga lagi belajar. Seperti yang pernah saya tulis dulu: Belajar Bahasa Inggris Cara Tarzan. Anda sudah membacanya?
Berikut ini Jurus cepat bisa bahasa Inggris yang bukan rahasia lagi, karena jurus bahasa inggris ini jurus kuno saja, jurus para leluhur yaitu JURUS RAJIN. Kita semua sudah tahu rajin pangkal pandai, termasuk dalam belajar bahasa Inggris tentu saja. Yang sedikit adalah kita-kita yang mempraktekkannya saja. Betul kan? hehe..
Bagaimana belajar bahasa inggris dengan jurus rajin tersebut?
Sangat sederhana, rajin belajar bahasa inggris, rajin praktek bahasa inggris pada orang dekat Anda termasuk dengan anak dan istri kalau perlu, why malu-malu?
Kemarin saya sempat chatting dengan seorang teman dan mengatakan jurus ini, eh dia malah bete. Kalau begitu sih semua orang sudah tau! begitu katanya. Memang benar, karena bahasa inggris itu bukan pengetahuan melainkan harus menjadi suatu kemampuan, kata saya.
Rajin menulis bahasa Inggris, rajin menonton video bahasa inggris dan mencoba mengerti kata-katanya, rajin baca koran bahasa inggris, rajin memberi pelajaran tambahan pada anak atau ponakan (sok pandai saja, paksa-paksain pasti bisa).
Coba buat satu blog Anda sendiri misalnya di blogger.com atau wordpress.com dan rajin-rajin lah menulisnya dengan apa saja yang menarik bagi Anda, tentunya dalam bahasa inggris. Tak perlu semuanya bahasa inggris kok, yang belum bisa ya campur saja dengan bahasa lain. Yang penting anda rajin. Itulah jurusnya. Jangan lupa waktu anda berkomentar di blog ini masukkan URL blog anda agar ada pengunjungnya, sehingga anda terpaksa menulis dalam bahasa inggris yang lebih baik setiap akan menulis lagi, Anda akan terpaksa rajin. Maka dalam waktu 1 bulan Anda akan merasakan perbedaannya.
Tentu saja, jurus belajar bahasa inggris seperti ini harus dipraktekkan, agar benar-benar berhasil. Setuju kan?

Kata Benda: Kata Sandang,Bentuk Jamak dan Atribut Kepemilikan

Hal yang perlu diingat saat menggunakan kata benda (nouns) dalam bahasa inggris adalah kata sandang mana yang harus digunakan, bagaimana bentuk jamak dari kata benda tersebut, dan bagaimana menambahkan atribut kepemilikan pada kata benda tersebut.
KATA SANDANG (ARTICLES)
Kata sandang tertentu/langsung – the
Contoh: the car
Kata sandang tak tertentu/tidak langsung – a / an
a – digunakan jika kata sandang tersebut diikuti oleh kata yang dilafalkan dengan bunyi konsonan.
Contoh: a house, a university
an – digunakan jika kata sandang tersebut diikuti oleh kata yang dilafalkan dengan bunyi vocal.
Contoh: an eagle, an hour
BENTUK JAMAK (PLURAL)
Aturan umum: bentuk tunggal + s
Contoh: a car – two cars
Bila kata benda tersebut diakhiri dengan huruf s, ch, x atau z, maka bentuk jamaknya dibuat dengan menambahkan es.
Contoh: a bus – two busses; a church – two churches; a box – two boxes; a topaz – two topazes
Bila kata benda tersebut diakhiri dengan huruf konsonan + y, maka bentuk jamaknya dibuat dengan menambahkan ies.
Contoh: a city – two cities
Tapi, bila kata benda tersebut diakhiri dengan huruf hidup + y, bentuk jamak dibuat hanya dengan menambahkan huruf s saja.
Contoh: a boy – two boys
Bila kata benda tersebut diakhiri dengan huruf o, maka bentuk jamaknya dibuat dengan menambahkan es. Tapi aturan ini tidak berlaku untuk kata benda yang berhubungan dengan perangkat elektronik dan musik seperti radio, video dan disco.
Contoh: a tomato – two tomatoes; a video – two videos
BENTUK KEPEMILIKAN (POSSESSIVE CASE)
Bentuk kepemilikan dari suatu kata benda dapat dibuat dengan dua cara:
Pertama adalah dengan menambahkan ‘s setelah kata benda tersebut. Ini biasanya digunakan untuk orang atau benda hidup.
Contoh: Molly’s brother
Atau kedua, dengan menambahkan of sebelum kata benda tersebut. Ini biasanya digunakan untuk benda mati atau benda yang tidak bergerak.
Contoh: the name of the school
Bila membuat bentuk kepemilikan untuk benda mati yang masih memiliki hubungan dengan orang, penambahan ‘s lebih sering digunakan dibandingkan dengan penambahan of.
Contoh: Indonesia’s economy atau the economy of Indonesia
Bila membuat bentuk kepemilikan untuk waktu, penambahan ‘s selalu digunakan.
Contoh: one week’s holiday
Tulisan ini merupakan kontribusi dari Kursus Bahasa Inggris EF. EF English First adalah sekolah bahasa Inggris swasta terbesar di dunia dan Indonesia.

Cara cepat pintar

Anda mengalami kesulitan belajar? Belajar tentang apa saja. Atau bingung bagaimana supaya bisa cepat pintar dalam hal sesuatu. Itu hal yang biasa, dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Tapi anda dan saya beruntung, hidup di jaman ini. Tanya kenapa? Jawabnya mudah saja, coba pikir sekarang majalah, koran, tabloid, dan berbagai macam media massa bertebaran di mana-mana. Dari soal hobi sampai ke berita politik terpampang siap saji. Lebih beruntung lagi ada yang namanya "internet". Bagi orang yang mobilitasnya tinggi, bawa laptop cari koneksi internet... wuss ... mau cari soal apapun dan dimanapun tinggal klik saja.Coba bayangkan untuk orang yang hidup beberapa dekade yang lalu, jangankan internet alat tulis saja masih pake sabak atau daun lontar. Nah kalo berbicara soal bagaimana cara supaya bisa cepat pintar yang utama yaitu belajar. Karena ya hanya dengan belajar kita bisa mengerti, untuk tipsnya mungkin ini ada beberapa tips yang bisa dipergunakan:
Belajar tidak harus kaku : Hendaknya belajar tidak perlu banyak aturan yang kaku, harus begini harus begitu biarkan apa adanya
Cari tempat yang enjoy : Pemilihan tempat yang nyaman membuat apapun yang akan kita pelajari lebih mudah diserap.
Manfaatkan fasilitas belajar seoptimal mungkin : Banyak sekali fasilitas belajar yang telah tersedia namun jarang yang mau benar-benar memanfaatkannya. Coba manfaatkan fasilitas dengan lebih baik. Misalnya browsing lewat google (itu cara termudah yang sering saya lakukan)
Tanya kepada kawan atau langsung ke senior : Kalau ini sudah jelas tidak perlu dijabarkan anda juga pasti mengerti.
Practice : Menurut pengalaman dan studi kasus belajar akan lebih cepat diresap bila langsung dipraktikkan. Tentu saja untuk hal-hal tertentu yang tidak mungkin dipraktikkan ya jangan dipraktikkan. Misal : Perkembangbiakan (tidak bermaksud seronoh lho)Demi kemajuan bangsa dan juga diri kita sendiri, sudahkah anda membayar pajak hari ini? (becanda hehe...)Maksudnya sudahkah kita belajar hari ini?