Selasa, 12 Mei 2009

Panduan Sukses menghadapi ujian

Panduan singkat menghadapi ujian ini sekiranya dapat membantu Anda (siswa SMA) ketika akan menghadapi UAN agar dapat mengurangi stress dan panik yang berlebihan. Ketika seorang siswa berjuang mempersiapkan ujian seringkali mereka tidak paham benar bagaimana mereka:
- seharusnya mempersiapkan diri- mengatur waktu- menggunakan strategi belajar
Sebagian besar mereka belajar dengan apa adanya, seperti biasa, padahal ada banyak hal yang harus dipersiapkan, diatur dan diperiksa kembali agar suskes dalam menghadapi ujian. Berikut panduan sukses bagi Anda dalam menghadapi ujian.
1. Mempersiapkan diri semaksimal mungkin
Ketika Anda menghadapi UAN mungkin akan terjadi banyak kejutan-kejutan jika Anda tidak mempersiapkan diri secara maksimal, baik itu soal yang belum pernah Anda kerjakan, Anda lupa rumusnya, atau Anda bisa mengerjakan tetapi tidak ada jawaban yang sesuai dan masih banyak kejutan-kejutan lainnya. Berikut beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian sebelum Anda menghadapi ujian:

- soal-soal semacam apa yang kiranya akan keluar dalam ujian- berapa lama (menit) Anda akan megerjakan untuk setiap soalnya- petunjuk-petunjuk apa yang ada sebelum pelaksanaan UAN,kisi-kisi atau Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
2. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin
Dalam pelaksanaan UAN 2008, semua siswa tidak boleh keluar sebelum tanda bel waktu ujian selesai. Peraturan tersebut tentu saja memiliki kelemahan dan kelebihannya. Siswa yang merasa sudah yakin bisa dan mampu mengerjakan dengan cepat, di kelas akan cenderung ramai dan terkadang malah mengganggu teman-teman yang lain. Namun, jika para siswa diperbolehkan keluar sebelum tanda bel waktu ujian selesai, maka hal ini akan mengganggu situasi kelas dan mempengaruhi kondisi psikologis siswa yang lain. Selain itu, jika ada kesalahan-kesalahan yang dilalakukan siswa, misalnya ketidaklengkapan identias dll, akan sulit dilacak, padahal siswa yang bersangkutan sudah keluar dan lembar jawab harus dikumpulkan ke Pokja.
Terlepas dari hal di atas, tidak ada salahnya jika Anda dapat memanfaatkan waktu yang tersedia, baik itu waktunya pas atau Anda memiliki kelebihan waktu. Ingat, tidak ada seorangpun yang dapat memanfaatkan waktu dengan sempurna, sehingga jangan khawatir bahwa Anda tidak dapat mengatur waktu.
Dalam perencanaan waktu sebaiknya:
- membuat catatan semua deadline- meluangkan waktu untuk refreshing dan relaksasi- hitung berapa lama waktu yang dapat Anda gunakan untuk belajar
Hal tersebut akan membantu Anda secara realistik, berapa total waktu yang Anda miliki untuk menghadapi setiap mata pelajaran.
3. Mengembangkan strategi belajar yang efektif
Berikut beberapa strategi belajar yang efektif:
- melihat garis besar keseluruhan materi- mencari keterkaitan antar topik atau materi- menghubungkan apa yang Anda pelajari dengan situasi nyata dalam hidup Anda- mengorganisir materi secara hirarkis dan terstruktur, jika perlu Anda buat rangkuman kecil materi- membuat alat bantu berupa gambar atau diagram yang membuat Anda mudah untuk mengingat dan mempelajari materi (mind map)- mencari persamaan dan perbedaan- mencari poin-poin penting dan mencoba membahasakan dengan bahasa Anda sendiri- mengkritisi dan mengevaluasi apa yang sudah Anda pelajari- mendiskusikan materi dengan teman-teman Anda
4. Mengecek perkembangan belajar Anda
5. Persiapan akhir
6. Mengatasi semua permasalahan teknis dan non-teknis
7. Konsentrasi dalam belajar dan ketika menghadapi ujian
8. Relaksasi
Semoga hal-hal tersebut dapat membantu Anda.
Tags: , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar