Selasa, 12 Mei 2009

Cara cepat pintar

Anda mengalami kesulitan belajar? Belajar tentang apa saja. Atau bingung bagaimana supaya bisa cepat pintar dalam hal sesuatu. Itu hal yang biasa, dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Tapi anda dan saya beruntung, hidup di jaman ini. Tanya kenapa? Jawabnya mudah saja, coba pikir sekarang majalah, koran, tabloid, dan berbagai macam media massa bertebaran di mana-mana. Dari soal hobi sampai ke berita politik terpampang siap saji. Lebih beruntung lagi ada yang namanya "internet". Bagi orang yang mobilitasnya tinggi, bawa laptop cari koneksi internet... wuss ... mau cari soal apapun dan dimanapun tinggal klik saja.Coba bayangkan untuk orang yang hidup beberapa dekade yang lalu, jangankan internet alat tulis saja masih pake sabak atau daun lontar. Nah kalo berbicara soal bagaimana cara supaya bisa cepat pintar yang utama yaitu belajar. Karena ya hanya dengan belajar kita bisa mengerti, untuk tipsnya mungkin ini ada beberapa tips yang bisa dipergunakan:
Belajar tidak harus kaku : Hendaknya belajar tidak perlu banyak aturan yang kaku, harus begini harus begitu biarkan apa adanya
Cari tempat yang enjoy : Pemilihan tempat yang nyaman membuat apapun yang akan kita pelajari lebih mudah diserap.
Manfaatkan fasilitas belajar seoptimal mungkin : Banyak sekali fasilitas belajar yang telah tersedia namun jarang yang mau benar-benar memanfaatkannya. Coba manfaatkan fasilitas dengan lebih baik. Misalnya browsing lewat google (itu cara termudah yang sering saya lakukan)
Tanya kepada kawan atau langsung ke senior : Kalau ini sudah jelas tidak perlu dijabarkan anda juga pasti mengerti.
Practice : Menurut pengalaman dan studi kasus belajar akan lebih cepat diresap bila langsung dipraktikkan. Tentu saja untuk hal-hal tertentu yang tidak mungkin dipraktikkan ya jangan dipraktikkan. Misal : Perkembangbiakan (tidak bermaksud seronoh lho)Demi kemajuan bangsa dan juga diri kita sendiri, sudahkah anda membayar pajak hari ini? (becanda hehe...)Maksudnya sudahkah kita belajar hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar